Sikap Menghargai Waktu
Menurut
Kamus besar bahasa Indonesia (2009) menghargai adalah menghormati,
mengindahkan, memandang penting (bermanfaat dan berguna). Seseorang akan
menghormati atau mengindahkan seseorang (atau sesuatu) ketika memandang penting
seseorang (atau sesuatu) itu.
Waktu
menurut kamus besar bahasa Indonesia (1997) adalah seluruh rangkaian saat
ketika proses, perbuatan atau keadaan berada atau berlangsung.
Berdasarkan
pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa menghargai waktu adalah ketika
seseorang dapat menggunakan waktu yang dimiliki untuk melakukan hal-hal yang
bermanfaat. Quality time atau waktu yang berkualitas merupakan refleksi dari
berharganya setiap detik yang dilalui. Sejatinya, dalam kehidupan manusia
memang tidak ada waktu yang tidak berkualitas karena waktu merupakan sesuatu
yang berharga untuk dimanfaatkan dalam kehidupan manusia.
Quality
time sendiri bisa bermakna sebagai manajemen penggunaan waktu yang bisa
dimanfaatkan untuk mengatur dan mensinergikan waktu dengan optimasi benefiditas
(kebermanfaatan) atau utility (kebergunaan) setiap aktivitas kita.
Memanfaatkan
quality time sering pula dikaitkan dengan cara kita menghargai dan memanfaatkan
waktu, serta menghabiskan waktu dan dengan aktivitas yang bertujuan untuk
menjaga kelangsungan sebuah kebersamaan, kedekatan dan kekuatan sebuah hubungan
batin, serta harmonisnya jalinan komunikasi dalam sebuah hubungan, seperti
keluarga, pertemanan atau persaudaraan. Para pakar sering menegaskan bahwa
bukan hanya intensitas pertemuan yang membuat sebuah hubungan harmonis, tetapi
bagaimana kita dapat memanfaatkan waktu yang kita punya lebih intensif untuk
kebersamaan itu, sehingga menjadi sesuatu yang berharga, komunikatif,
menyenangkan, nyaman dan membahagiakan pasangan atau keluarga kita. Dengan
demikian, quality time menjadi faktor psikologis yang bermanfaat dalam
membangun kesehatan dan kenyamanan hati bahkan pikiran kita.
Tips untuk menghargai waktu di antaranya adalah
sebagai berikut:
1. Bangun tepat waktu
Bangunlah jika
alarm sudah bordering. Jangan mematikan alarm yang telah bordering dan kemudian
tidur kembali, kebanyakan orang cenderung melakukan hal tersebut. Ketika kita
bangun tepat waktu, kita akan memiliki cukup waktu untuk menyiapkan hal yang
akan dilakukan tanpa terburu-buru. Kita juga dapat melakukan hal lain, seperti
berjalan-jalan pagi. Jangan biasakan tidur terlalu larut!
2.
Mulai pekerjaan lain jika sudah menyelesaikan pekerjaan sebelumnya
Jangan
mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu yang bersamaan. Untuk menghemat
waktu, fokuslah pada satu pekerjaan yang sedang kita lakukan, setelah selesai,
baru kita mengerjakan yang lainnya. Jangan pula berpikir untuk memecahkan
masalah lain saat sedang mengerjakan satu hal.
3.
Kurangi waktu browsing internet tanpa tujuan atau chatting
Banyak dari
kita yang tergoda dengan berbagai situs di internet sehingga kita membuka,
melihat, dan membacanya. Hal ini dapat dilakukan di ponsel atau komputer kita.
Tak jarang juga kita menghabiskan waktu untuk sekadar chatting atau bermain game.
Jika kita bisa menolak diri untuk tidak menghabiskan waktu pada gadget kita, kita dapat menyimpan banyak
waktu untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat.
4.
Menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan sebelum bepergian
Misalnya saja jika kita ingin kuliah bisa merapikan peralatan kuliah ke dalam tas,
atau jika ingin interview pekerjaan jangan sampai lupa menyiapkan berkas-berkas
wawancara.
5.
Meletakkan segala peralatan pada tempatnya
Kita harus
meletakkan barang-barang milik kita sesuai pada tempatnya dan sama setiap
harinya. Hal ini akan memudahkan kita, sehingga kita tidak membuang waktu untuk
mencari-cari barang yang kita butuhkan.
Comments
Post a Comment